Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Jumat, 03 Februari 2012

[Resep] Pepes ayam cabai hijau

Masih dalam rangka setor ke monthly event-nya Pawon Ibu, sekaligus ngabisin stok ayam dikulkas :)

Menu masakan kali ini sebenernya rada maksa ;D
Pertama, karna judulnya pepes, tapi ga pake daun pisang. Cuma dikukus di mangkok aja :p
Yg kedua, santannya kebanyakan. Hihii jadi kaya soup gini. Tapi soal rasa, nyaaammm ;D

Bahan :
1 ekor ayam (aku pakai 3potong ayam dan 3 potong ikan belanak)
1 sdm air asam (aku ganti blimbing wuluh 3biji, iris kecil2)
1sdt garam
10 cabai rawit merah (aku pakai 5,krn ada pelanggan cilik :P)
1 butir telur (kocok lepas) >> aku kelewatan baca ini.wkwkwkwk ;D
100ml santan dari 1/4 butir kelapa
2batang serai ambil putihnya, iris (aku :cuma digeprek)
4daun salam disobek2 (aku biarin utuh)
Daun pisang (skip;p)

Bumbu halus :
10bawang putih
4bawang putih
4 cabai hijau besar
4 kemiri disangrai
2cm jahe
2cm kunyit dibakar

Ps. Aku tambah dg tahu yg dipotong kecil2 ;)

Cara membuat :
Lumuri ayam dg bumbu halus, air asam (atau belimbing wuluh), garam, cabai rawit merah, santan,telur, serai, daun salam. Diamkan 30menit

masukkan campuran ayam, lalu bungkus daun kelapa (aku langsung masukkan ke mangkok)

Kukus 45menit atau sampai matang.

Gampang kan :)
Dan hasilnya swegeeerrr :)

Selamat mencoba^^

Tidak ada komentar: