Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Senin, 14 Maret 2011

Mengkritik dengan baik dan santun

Maafin aku ya hun..
tadi pagi ga sengaja bikin hun sakit hati gara-gara kritikanku ;(
padahal aku paling sebel kalo kamu mengkritik aku, tentang apapun.
teryata aku juga sama saja. dengan 'jahat'nya mengkritik gambarmu.
http://www.emocutez.com

Ahhh...
maafkan aku ya sayang. maksud hati ingin berkata jujur tapi apa daya nih mulut nggak pake rem cakram. jadilah tak bisa terangkai dengan indah ;(

Sebenernya gimana sih caranya mengkritik dengan baik dan santun, sehingga nggak membuat orang yang kita kritik menjadi tersinggung?

aku jadi merenung..
mungkin tadi saat hun menunjukkan gambarnya kepadaku, dan bertanya apakah aku mau memakainya?
harusnya aku bilang, 'hmmm boleh dicoba. kalo kurang oke motif belakang coba diganti yang lain. aku sih suka yang simple2 gitu'

bukannya langsung bilang : ' Nggak mau, norak begitu'

hiks...
aku mendadak ikut sakit hati deh denger jawabanku. ga heran hun langsung sedih T_T

hiks...

ada baiknya ketika akan mengkoreksi sesuatu, kita jadikan positif. misalnya 'desain itu oke, trus gimana kalau bikin desain alternatif lainnya. motif bunga misalnya'

yah kadang kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari yang terbiasa negatif thinking, akhirnya menggiring kita untuk selalu berkomentar negatif. bahkan dialam sadar kita pun seperti itu. ga heran kalau, tanpa kita mau, kata-kata negatif langsung keluar tanpa bisa disaring ;(

harus bisa mem-positif-kan diri sendiri dulu, sebelum bisa menjadi pengkeritik/ pengkoreksi yang baik dan santun...

semoga hun ndak lama-lama sebelnya ama aku..
http://www.emocutez.com

#pelajaran berharga hari ini#

Tidak ada komentar: