Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Sabtu, 11 Februari 2012

Ketika demam menyerang..

Bismillah..

Alhamdulillah minggu pagi yg cerah ini, hatiku ikut cerah.

Kemarin sore, pas bangun tidur, mbak kecil panas tinggi. Sayangnya termometer pas nggak ada. Akhirnya cuma bisa ku peluk2 sambil kuusap2.
Sambil sesekali nen.
Alhamdulillah efek skin to skin lumayan menurunkan panasnya.
sambil ngelus2 dina, aku buka2 bukunya dokter wati yg smart parent itu. Maklum sudah lama juga dina ga panas agak tinggi. Biasanya cuma sumer2 aja.
Setelah baca, jadi Lumayan tenang.

Akhirnya ayah aku mintai tolong beli termometer.
Pas kuukur, ternyata 37,8. Alhamdulillah nggak terlalu tinggi.

Lalu buru2 ku siapkan air hangat untuk mandinya. Trus berendam lumayan lama, sekitar 20 menit.
Setelah mandi, panasnya lumayan turun, meski dina masih lemas.
Aku siapkan teh manis hangat, jus strawberry dan apel, plus edamame rebus.
Pas ku suap nasi sop,cuma masuk beberapa suap. Ya sudah gpp.
Jus strawberry apelnya alhamdulillah habis. Trus eh nyamil edamamenya. Ya sudah gpp.

Pas ayah ke masjid, aku sekalian titip roti buat jaga2 kalo dina kelaperan.
Betul saja, tengah malam dia bangun kelaparan plus gerah. Aku basuh seluruh badannya pake air hangat, trus aku kasih roti tawar, yg akhirnya habis 2 iris :)

Meski nggak nyenyak, alhamdulillah lumayan bisa tidur.

Dan tadi subuh, sudah bangun dengan berisik. Da mau makan bubur ayam. Dan sudah ribut mau bantuin ayahnya yg sedang cuci motor.

Meski panasnya msi ada sisa, tp tingkahnya sudah normal. Legalah hatiku.

Alhamdulillah sejak baca bukunya dokter wati, aku jadi ga gampang panik dan nggak gampang kasih dina obat. Paracetamol memang selalu sedia, tapi hampir nggak pernah dipakai, karna dina sembuh dengan imunitas dari tubuhnya sendiri :)

Semoga sharing ini berguna :)
btw mbak dina sudah punya blog foto sendiri loh, mampir-mampir yaa, cuma isinya belum banyak nih. insyaallah pelan2 akan selalu di update :)
Selamat berhari minggu^^

9 komentar:

Ummi Nabil mengatakan...

emang termometer nya lagi kemana mba??
kalo nabil demam saya juga banyakin ASI. sekalian minum madu plus air oxy. Alhamdulillah demam reda.

Sama bun, pingin ngurangin pemasukan obat ke tubuh nabil. pingin coba yang alami.

semoga cepet pulaih ya mbak kecil

Gaphe mengatakan...

untuk menurunkan demam paling gampang adalah banyakin minum, biar banyak pipis.. dan panas tubuh dikeluarkan lewat pipis..

makan yang banyak buat energi.
semoga cepat sembuuh ^_^

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

iya bukunya berguna sekali. pascal juga suka berendam di air hangat kalaulagi demam

Ita mengatakan...

@ ummi nabil : termometernya pecah. Hehehe. Dimainin dina :)
Bener banget bun, pengen yg alami saja, biar semakin jarang kena yg kimia2 :)

@ om gaphe : betul sekali. Itu memang kesimpulannya. Hahahhaha :p
Makanya bener2 dijaga jangan sampai dehidrasi :)

@mbak lidya : berguna banget mbak. Bikin jadi ga panik, apalagi dulu pas masih jamannya dibawah setahun. Tapi ya gitu, awal2nya kudu bersitegang dulu sama nenek kungnya yang ga sabar da pengen bawa ke dokter :p

Nia mengatakan...

Mbak..anakku juga lagi panas...ngga panas banget sechh...udah ke dokter tp belum turun juga panasnya....emang gpp yach anak lg demam di rendam di air hangat? kalo aku malah ngga pernah dimandiin/kena air....hiks....

Elsa mengatakan...

alhamdulillaaah kalo sembuh Mbak
anak sakit, Ibu lebih "sakit" lagi ya

Ita mengatakan...

mbak nia : nggak papa banget mbak. malah yang salah kaprah kan anak panas dikompresnya pakai air es, justru malah memicu otak untuk semakin menghangatkan badan.
kalo direndam atau di kompres air hangat, maka otak akan mendeteksi kalo keadaan disekitar anak suhunya lebih tinggi, jadi tubuh si anak suhunya 'diperintahkan' untuk turun :)

kalo saranku memang paling baik direndam air hangat, karna kalo demam kan otomatis keringat jadi banyak, si anak juga akan nggak nyaman. kalo sudah direndam bisanya sih kondisinya lebih nyaman :)

elsa : bener banget sa. siaga siang malam. begitu anaknya sembuh, ganti emaknya yang teler kecapekan :p

Prince Kazuma mengatakan...

udah sembuh yah??
bisa aktivitas lagi dunk si dinanyav . .
:D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

wah mbak, bener bgt nih resep
saya dikit demam, minum paracetamol. ngga pernah makan buah dulu, langsung pengen obat aja. memang seharusnya jgn pake obat dulu yah.. share yg bagus bgt mbak :D