Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Selasa, 14 Februari 2012

[Resep] Pempek

Masih penasaran sama makanan satu ini. Dulu bikin nggak terlalu berhasil #kalo ga mau dibilang gagal :D



Gara2nya si abang sayur keliling bawa ikan tengiri 2 plastik.

Dan karna sudah bosen sama ayam, akhirnya nekad ku beli tanpa tau mau diapain :D



Dan hari ini nekad nyari resep pempek :p



Bahan :

500 gr daging tengiri yg sudah dihaluskan (aku pakai 300gr)

10 sdm air es (aku pakai 6 sdm)

2 1/2 sdm terigu (aku pakai 2 sdm)

150gr kanji (aku pakai 100gr)

Garam kurang lebih 2sdm

Aku tambah 1 siung bawang putih dihaluskan



Cara membuat :

Campur daging tengiri dengan air dan garam. Lalu masukkan bawang putih halus. Campur rata

Masukkan terigu dan kanji. Uleni hingga rata.

Bentuk sesuai selera.



Tadi aku bentuk silinder dan bulat2. Lalu ada 1 yang aku isi telor. Hee susahnya biar putih telurnya nggak keluar :D



Setelah itu rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan pempek. Bila sudah mengapung, angkat.



Goreng bila akan dihidangkan



Saus chuko :

300 ml air

100 gr gula merah

2 siung bawang putih dihaluskan

Garam

1 buah jeruk nipis

2 sdm cuka

Rawit sesuai selera (aku sengaja ga pakai, siapa tau dina mau)



Didihkan air, gula merah, rawit dan bawang putih.

Masukkan garam, air jeruk dan cuka.

Masak hingga mendidih dan mengental.

Siap menemani pempek :)



Selamat mencoba

5 komentar:

HP Yitno mengatakan...

kayaknya pempeknya enak tuh.

froggy mengatakan...

biasanya aku tambahin kecap mba buat cukanya... enak hehehe...

Davidchanka mengatakan...

Assalamu 'alaikum, salam kenal Ummi. Empek-empek ini masakan khas palembang, ya...

Ari mengatakan...

aku sih taunya cuman makannya doang, hihi

dedhy irawan az mengatakan...

wah aku mau mau belajar masak pempek juga mbak...