Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Rabu, 20 Juli 2011

Berbukalah dengan yang manis

Dulu, sebelum menikah, kebiasan keluargaku saat ramadhan menjelang adalah, belanja stok makanan buat sahur. Bisa berupa nugget, sosis, kornet, dan sebangsanya. Maklum, mulutku dan mulut adik2ku ini rada sombong. Sering malas sahur kalo ga ada yang menggugah selera :D

Nah biasanya kalo udah gitu, nasi putih hangat, nugget plus kecap manis, cukup membangkitkan nafsu sahur kami. Nggak heran kalo mamak selalu nyetok :D

Lalu, ketika ramadhan datang, tiap berbuka, selain selalu ada teh manis, juga sering sekali ada sajian es. Entah es campur, es buah. Pokoknya segala yang menyegarkan :)

Ketika sudah menikah. Banyak pola-pola yang ‘terpaksa’ aku rubah. Mengikuti pola suami.
Sudah beberapa ramadhan aku belanja seperti biasa, nggak terlalu harus nyetok makanan beku atau kering, karna suami ga terlalu pemilih dalam hal makanan. Apa ajah dimakan :)

Namun alasan utama sih, lebih ke penghematan ajah. Tau sendiri, makanan2 itu nggak bisa dibilang murah2 juga :D

Selain itu, kebiasaan berbukaku pun terpaksa dirubah. Kalo dulu selalu berbuka dengan es2-es atau yang segar-segar, sekarang berubah total karna menurut suami, big no no berbuka dengan es dan sejenisnya itu. Jadilah kami berbuka dengan air putih dan kurma. Baru setelah itu aku meneguk teh manis hangat *udah nggak bisa diganti kalo yang satu ini :D

Awalnya susah banget nerima kalo harus berbuka hanya dengan air putih dan kurma. Lalu suamipun mengatakan bahwa berbuka dengan kurma itu sunnah rasul. Selain itu kurma baik untuk berbuka.
Karna penasaran, googling lah saya, mengapa kurma baik untuk berbuka.
Dan saya mendapatkan hasil seperti ini :


sumber google

Buah kurma mempunyai rasa manis yang berbeda dengan buah kering lain. Buah kurma mempunyai sifat mudah meleleh dimulut. hal ini sangat cocok dikonsumsi mereka yang berbuka puasa, karena organ pencernaan khususnya lambung membutuhkan makanan yang lembut setelah sehari tidak tersentuh oleh makanan.

kurma juga mengandung air dan gula sehingga kurma mudah dicerna dan sampai ke darah, kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah serta membantu kerja otot.
jika dibandingkan dengan buah kering lainnya, kurma memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. tapi kurma juga mempunyai kandungan kalium yang mempu menekan natrium atau garam yang berlebih penyebab hipertensi. itulah sebabnya mengapa pengidap hipertensi juga disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. dengan memakan buah kurma sebanyak 5 biji sudah bisa mencukupi kebutuhan kalium harian.

yang cukup menarik lagi adalah berdasarkan penelitian di University of Scranton, manfaat kurma lainnya adalah kurma juga memiliki konsentrasi polyphenol tertinggi jika dibanding buah-buahan kering lainnya. peran dari polyphenol adalah berperan dalam kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.

Subbahanallah…
Jadi berpikir, dulu jaman Rasullulah, tentunya belum banyak penelitian tentang kurma. Tapi Rasulullah sudah terbiasa mengkonsumsinya. Dan ternyata banyak manfaatnya.
Akhirnya sekarang, kebiasaan tiap menjelang ramadhan adalah menyetok kurma. Dan kebiasaan berbuka kami menjadi 3 butir kurma dan segelas air putih [dan segelas teh hangat setelahnya, khusus buatku :D]

Akhir kata, kami sekeluarga, Ayah Artur, Ummi ita, dan Mbak Kecil Dina, mengucapkan selamat menjalankan Puasa Ramadhan. Semoga kita bisa melewati sekali lagi Ramadhan ini, dengan lebih baik.
Amien..



Sumber:
http://ridwanaz.com/kesehatan/manfaat-kurma-untuk-kesehatan-baik-untuk-berbuka-puasa/
http://4loveandlife.blogspot.com/2011/06/manfaat-kurma-untuk-kesehatan-baik.html


Link lainnya
http://www.anakunhas.com/2011/06/rahasia-pola-makan-tepat-saat-berpuasa.html

11 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

walau bukan muslim, aku suka kurma juga lho. kalo pas mau puasa, suka cicipin kurma hehee....

bunda kanaya mengatakan...

dulu ga suka banget kurma ... sekarang... tetep ga suka...hehehe... tapiii berhubung sejak hamil disuruh banyakin makan kurma, yo wes lah... santap aja... ternyata enak juga... salam kenal ya ummi... ^_*

Yunda Hamasah mengatakan...

Kurma memang oke :)

Rasulullah sudah membuktikan, bahkan bisa kuat puasa hanya dengan sahur beberapa butir kurma ...

Happy Ramadhan Mubarak, salam ntuk keluarga :)

aditya mengatakan...

assalamualaikum ummi ita
salam kenal yaa
nice inpo banget nihh tentang kurma
mau nyontek ah kebiasaan makan kurma tiap buka puasa
biar sehat donk
^^v

pakde Cholik mengatakan...

Nduk, silahkan mengirimkan nama dan alamat lengkapya untuk pengiriman tali asih karena anda sudah ikut acara ADUK-Kado pernikahan.
Silahkan di cek disini : http://abdulcholik.com/2011/07/14/kado-ulang-tahun-pernikahan-terindah-dari-sahabat/

ita mengatakan...

@sang cerpenis : aku juga baru2 aja dipaksa suka dan akhirnya suka :)

@bundakanaya : wah selamat, semoga sehat sampai lahiran ya :)
salam kenal juga. insyaallah di follow:)

@mbak yunda : bener banget mbak. cuma kalo buat sahur kebetulan belom pernah. alhamdulillah selalu sempat makan nasi buat sahur :P

@aditya : waalaikum salam :)
makasih sudah berkunjung :)
yuk mari hidup sehat. hebat ya, buah sekecil itu berkhasiat luar biasa :)

@pakde : alhamdulillah, sudah dikirim ya pakde ^^

Merliza mengatakan...

dulu saya termasuk yang suka kurma.. ternyata sekarang ini.. saya lebih menyukainya lagi :p

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Wah gak sabar pengen puasa, ayuuk kita sambut bulan ramadhan B)

Nufri L Sang Nila mengatakan...

selamat kan ibadah puasa...

Nufri L Sang Nila mengatakan...

laaahhh?....`menunaikannya` kok gak ada...hahaaaaaaaaaaaaaaa....maaf yaaaaa.. ketinggalan.. *ketawa sendiri

ita mengatakan...

@merliza : samaa :)
setelah tau manfaatnya, semakin cinta deh :)

@shudai : iya, sudah ga sabar merasakan hawa2 ramadhan :)

@nufri : wkwkwkw, aku ya jadi ketawa pisan :D