Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Rabu, 24 Agustus 2011

Memanfaatkan emas dan cerita mbak kecil

kemaren pas online multiply, aku baca salah satu obrolan ibu2 yang sedang semangat ngomongin emas.
berhubung memang ada rencana untuk beli emas, jadilah aku nancep di quick notes itu. baca satu satu komentar ibu2.

dari situ aku dapat ilmu baru..
atau tepatnya aku yang baru tau kali ya. orang lain udah tau dari dulu. hihihi *udik dah aku*

jadi salah satu emak *panggilan yang ngetren di mp sekarang adalah mak* membagi ilmunya dalam memanfaatkan emas


suatu hari pasti bisa punya emas seperti ini. ayo diaminin yang keraaaassss. AMIIIEEEENNNN :)

jadi awalnya kita beli emas. pembicaraan ini lebih ke emas LM. belinya di pegadaian syariah. nah pegadaian syariah ini adanya di bank-bank syariah macam BRI syariah, Mandiri Syariah dan bank muamalat.

nah karna yang nimbrung dipembicaraan itu adalah sekumpulan ibu-ibu bakul, jadilah muncul statement, pengen beli emas, tapi disatu sisi juga butuh modal buat jualan (aku banget nih)

kemudian si mak ini menjelaskan lagi. setelah kita beli emas dipegadaian. saat itu juga emas itu kita gadaikan.
otomatis kita punya emas, dan punya uang untuk modal disaat bersamaan.
jatuh tempo untuk menebus emas kita kembali adalah 4 bulan.

awalnya bingung juga. kemudian dijelaskan manfaat mengadaikan emas di pegadaian syariah adalah seperti ini :
1. kita punya dana segar untuk modal, tapi kita tetap punya emas itu
2. karna syariah, jadi sistemnya uang yang dipinjam = uang yang dikembalikan. jadi misal kita harga gadai emas kita adalah 5juta. maka saat jatuh tempo kita tetap hanya membayar 5 juta. mungkin akan ada dana tambahan untuk administrasi. tapi bisa kita anggap dana tambahan ini adalah dana untuk menjaga emas kita. kira2 besarnya nggak sampai 50ribu kok
3. saat jatuh tempo kita bisa melunasi hutang kita lalu emas kita ambil, atau kembali digadaikan untuk mendapat modal baru. nah kebetulan temen ini sudah mempraktekkan manfaat emas ini berkali-kali. kebetulan suaminya juga pedagang, jadi ya modalnya kudu diputer2. nggak kaya pegawai yang selalu punya penghasilan tetap.

dari sini aku serasa mendapat pencerahan sekali. karna jujur aku pengen banget berinvestasi di emas. kenaikannya itu loh bikin ngiler.
tapi disatu sisi aku ya kebingungan gimana caranya nambah modal.

la kalo pake cara ini kan, aku bisa dapat emas, dapat dana segar pula buat kulakan. 4 bulan insya Allah waktu yang cukup untuk bisa memutar-mutar dana segar itu, agar bisa menghasilkan laba. dana awal tinggal masukin lagi buat nebus emas. dan emasku harganya juga sudah naik :)

sounds great yaaa..
terlebih buat pedagang dengan modal kecil seperti aku ini :D

nah karna itu juga, aku jadi berpikir kembali untuk menutup tabugan pendidikan dina, yang sudah berjalan 2 tahun ini. alhamdulillah dulu, 2bulan setelah dia lahir, langsung aku buka tabungan pendidikan.
tapi setelah dapat ilmu baru ini dan melihat perkembangan emas saat ini, aku bener2 ngilerrrr :D
dan lagi, pas aku tanya ke temen2 multiply lainnya, mereka rata2 berkomentar memang lebih baik dana pendidikannya dialihkan dalam bentuk emas.

lalu, pertanyaan selanjutnya adalah. gimana caranya nyimpen emas. secara ngeri banget ngebayangin ada beberapa keping emas itu tersimpan di lemari. bisa kagak tidur nyenyak dah.

lalu dapat masukan. bisa sewa deposit box yang rata2 harga sewanya sekitar 250-300ribu/tahun. ataaauuu digadaikan seperti ceritaku diatas.

nah aku baru tau (lagi) kalo ketika kita menggadaikan emas, kita bisa meminta nilai minimumnya. jadi misal 5gram LM bisa kita gadaikan dengan nilai minimum sekitar 100ribu saja. murah kan yaaa...
jadi ceritanya nunut disimpenin sama bank gitu deh :P

wah aku tambah semangat wae mengganti semua tabungan pendidikannya mbak kecil dalam bentuk LM. dan suami sepertinya sudah setuju. karna dari awal dia memang niat dana tabungan untuk dina dan adik-adiknya adalah dalam bentuk emas.

yah mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa segera terealisasi. apalagi biasanya abis lebaran harga emas turun (katanyaaa sih. tapi diaminin ajah deh :P)

segini dulu cerita tentang ilmu baru ku

nah sekarang cerita tentang mbak kecil :)
alhamdulillah mulai banyak kosakata tambahan mbak kecil. meski bukan kosa kata yang sempurna. tapi tetap patut disyukuri :)

mimik >>sudah jelas banget bilangnya
piiii atau kadang pipis
mam, tapi akhir-akhir ini lebih sering bilang ammmm :)
am ini juga berlaku ketika ngeliat ayam. mungkin karna tiap liat ayam selalu pas lagi matok2 kali. jadi diartikan am tuh ayam makan :D
masih bertahan bilang KA untuk ikan. dannnn...meski ikannya nyelempit dimanaaa gitu, dia selalu keliatan. minggu lalu saat ada buka bersama, pas kami sedang menyusuri lantai 2, dia teriak KA. aku cari dimana ada ikan. ternyata dilantai 1 di counter lukisan2. itupun ikannya nyelempit dibelakang lukisan lainnya :D
wat, untuk bilang pesawat
kalo aku bilang kucing, dia melanjutkan miaauuuu
kalo anjing dia melanjutkan guguk :)

sementara sih kayanya itu yang sempat ku ingat. kalo ada perkembangan lainnya, insya Allah dicatat.

oia, kemaren ada kejadian penuh kesan antara dina dan ayahnya. sampai2 ayah bikin status dipagi ini. kaya gini nih statusnya dan gambaraan kejadian berkesan kemaren :)


tumben2 nih ayah bisa bikin puisi LOL

kalo sekarang, mbak kecil udah teler. abis aku ajak kepasar belanja tepung dan keju. kebetulan hari senin besok dapet orderan cheese stik lumayan banyak (alhamdulillah).

waduuhh yang namanya pasar hari ini ruameeeeeee sekali. apalagi toko2 bahan kue. penuh sampe 3 shaft. ngalah2in yang sholat terawih diakhir2 begini ya :P
jadilah kami hampir 2 jam disana ;(
dan begitu pulang langsung teler. abis nen tidur lah dia...

semoga pas bangun sudah segar kembali, dan pileknya berkurang :)

ya suds, mau beberes packing nih. mau ikutan ngerasain hawa2 mudik :)

buat teman2 yang mudik, titidj yaaa...
semoga selamat sampai tujuan ^^

have a great fasting all, dan mari meraih berkah di hari-hari terakhir ramadhan ini...

6 komentar:

Tarry KittyHolic mengatakan...

Calon adek ipar jg nularin virus nabung emas. Adek udah kena tp innalillah saya blm kena virusnya. Padahal untungnya benar2 menggiurkan. Tp masih setia ama BCA yg bunganya tak seberapa hehe.
Met mudik ya bu. . . .have a nice day yak

Lyliana Thia mengatakan...

hadeeeh emas skrg mahalnya... pengen invest emas, tapi blm mampu belinya... hihihi...
yo wis syukuri dulu deh yg ada...

anyway, banyak perkembangan Dina... salam ya ^_^

amin, mudah2an qta bisa memanfaatkan detik2 terakhir Ramadhan ini dgn sebaik2nya... amin...

froggy mengatakan...

iya... emas lagi trend lagi (dulu dah pernah trend tabungan emas ini)... moga2 bisa ikutan...

selamat mudik... (kalau mudik)

omman's mengatakan...

Harga emas naik melonjak ... kenapa ya? apakah karena menjelang lebaran?

Lidya mengatakan...

lagi tren ya emas-emas ini

Lyliana Thia mengatakan...

Assalamualaikum wr wb, Mbak Ita..

Taqabbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faidzin...

Selamat Idul Fitri utk Mbak Ita & keluarga, mohon maaf lahir dan batin.. :-)