Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Minggu, 07 Agustus 2011

Ngabuburit

sebenernya kata ngabuburit tuh dari mana yaa??
tau2 kok muncul kata itu untuk menggambarkan kegiatan menjelang berbuka.
apa muncul dari bahasa gaul??

ahh...
entahlah :P
sebenarnya mau cerita-cerita aja tentang hari jumat lalu (5/8).
kebetulan hari itu, aku berencana mau ke supplier, karna merasa baju-baju sudah lumayan banyak yang laku. jadilah pagi-pagi kami menuju surabaya.
Alhamdulillah, cuaca hari itu cukup menunjang. nggak terlalu panas, dan saat di supplier juga nggak terlalu banyak orang :)
jadilah nggak terlalu terasa meski sedang berpuasa :)

sorenya, kami bersiap-siap untuk ngabuburit:P
ceritanya si bapak ada undangan buka puasa di restoran agis dekat dengan masjid Al-Akbar. jadilah, sementara bapak buka bersama, kami ngabuburit di masjid Al-Akbar :)



selepas asar, kami mulai siap2. kebetulan kiriman baju2 dari jakarta juga sudah datang, jadi makin banyaklah bawaanku:P
siap-siapin dina dan barang-barang, sementara mamak dan adikku sibuk menyiapkan makanan dan minuman.
jam 4 kami berangkat ^^


dina dan tante ^^

alhamdulillah jalanan nggak terlalu macet. jadi sekitar jam 5 kami sudah sampai dihalaman masjid Al-Akbar. bapak buru-buru ke tempat buka bersama. sementara kami duduk-duduk di tangga masjid.

ada yang baru di masjid Al-Akbar. penjual-penjual makanan yang dulunya berjubel dimuka, sekarang sudah ditempatkan disatu tempat khusus. jadilah semacam pujasera. jadinya lumayan lebih teratur dan bersih. kalo dulu, rasanya ribet bener liat para penjual makanan yang berjubel, bersaing dengan motor2 yang lalu lalang.

dipujasera kami hanya beli sop buah dan es campur saja. masing-masing berharga 10ribu.
lumayan mahal sih, tapi kalau ditengok isinya, yah lumayan lah. ada klengkeng, buah naga, nangka, anggur, apel. lumayan komplitlah. cuma yang es campur rasanya kurang enak dilidahku:p

abis beli es, kami kembali ke mobil sambil ngobrol. kebetulan hanya aku, mamak,dina dan adik perempuanku. adik laki2ku ada acara buka bareng dengan teman kampus. jadilah wanita-wanita ini ngobrol ngalor ngidul, sambil sering2 neriakin dina yang berjalan terlalu jauh :P

seru banget buka puasa di masjid besar. begitu banyak manusia tumplek blek disni.
biasanya begitu menjelang adzan magrib, orang-orang sudah berkumpul dibagian muka masjid. duduk saling berhadapan menghadap kain atau semacam plastik berwarna hijau dengan jarak sekitar 50cm. diplastik hijau itulah ditempatkan air minum dan 3buah kurma. begitu adzan, langsung deh riuh rendah suara2 manusia-manusia yang berbuka.

setelah itu baru sholat berjamaah. dan selepas sholat, dipintu masjid dibagikan nasi bungkus, dan orang-orang kembali ramai disekeliling plastik2 hijau itu. sayangnya kemaren saya rada sungkan mau foto. padahal seru sekali.

menilik dari gaya berpakaian dan gelang2 emas yang dipakai, nggak sedikit yang tampaknya orang mampu, berbaur menjadi satu disitu.
Subhanallah...
indahnya..
tak ada batasan untuk si kaya dan si miskin. semua sama.
duduk bersama, memakan makanan yang sama, yang mungkin hanya berupa nasi bungkus. tapi nikmatnya itu yang mungkin tak tergantikan :)

berhubung mamak sudah membawa bekal dari rumah, jadilah kami nggak ambil nasi bungkus. kami malah asyik 'berpiknik' ditangga masjid. dan cukup banyak juga yang seperti kami :D

nenek dan perlengkapan 'piknik'


ahh nikmatnya. meski dengan buka yang seadanya, tapi ditempat seluar biasa ini, jadinya
buka kala itu terasa nikmat sekali.
Alhamdulillah...

7 komentar:

hilsya mengatakan...

ngabuburit itu dari basa sunda..
asal kata dari burit artinya sore.. seperti biasa orang sunda suka nambahin imbuhan ini itu untuk memperjelas makna..

jadi ngabuburit dalam artian puasa sekarang kurang lebih artinya kegiatan yang dilakukan menjelang sore..

klo salah, biarlah pakar bahasa yang menjelaskan.. maklum sunda coret

Yunda Hamasah mengatakan...

Membayangkan berbuka bersama disebuah masjid seperti dalam tulisan Mbak bareng keluarga tercinta pula, sungguh menyenangkan ;)

ria haya mengatakan...

Alhamdulillah...buka bersama di masjid emang menyenangkan ^^

Bundit mengatakan...

Buka puasa di masjid belum pernah lagi semenjak punya anak..kayaknya asyik juga ya mam :-)

Yudi Darmawan mengatakan...

wah serunyaaa, andai aja di medan bisa kayak gitu, hehe..

nh18 mengatakan...

Sama seperti yang diterangkan Mama Hilsya ...
Ngabuburit itu dari bahasa Sunda ...
kurang lebih artinya menghabiskan waktu sore ...

:)

semua sama.
duduk bersama, memakan makanan yang sama
Indahnya Ramadhan

Salam saya Bu

ita mengatakan...

@mbak hilsya dan um NH : oalah begitu. abisnya bingung juga, asal kata dari mana ni yaa :P

@mbak yunda : alhamdulillah mbak, masih ada waktu bareng2 begitu. maklum adek2ku sudah pada gede. biasanya udah pada punya acara sendiri2. jadi begitu ada waktu, langsung bikin acara bareng2 :)

@ria : bener. menyenangkan banget ^^

@bundit : ayoo bun, ajak dita buka dimasjid. pilih yang masjid agung kota, biar semakin rame :)

@yudi : laa memangnya dimedan nggak ada yud?