Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Kamis, 18 Agustus 2011

Yang Bikin Malas ngeblog

sebenernya ada alasan baru ini, kenapa sedang malas nulis2 :P
ini nih alasannya :D

sebuah oven listrik baru ^^

gara2 alat baru itu, aku jadi semangat buat uplekan didapur lagi. tepatnya sih uplek ngadon adonan kue2 :)
belinya pas tanggal 17 agustus, saat aku lagi main ke surabaya, sekalian ke supplier. pas mau balik sidoarjo, mampirlah ke toko elektronik.

sekitar 2 bulanan lalu, sempat survey2 tentang harga oven listrik. dan ini yang lumayan terjangkau. 'hanya' 360ribu saja, wattnya 800, 400 api bawah 400 api atas (info aja, siapa tau ada yang kepengen tau :P)

waktu aku beli oven ini, weleh weleh...
yang namanya toko, penuh sama manusia-manusia. pada ngeborong semua tuh.
ada yang bawa tipi layar datar, ada yang belanja kulkas, magiqcom. wes macem2. ramenya hampir sama dengan pasar sembako. kayanya pada abis terima THR nih :P

kalo aku, THR belum terima dari bos besar, tapi ada simpenan duit 300ribu. yang 60 ngutang dulu ke bos besar. insyaAllah minggu ini tabungan di PKK bakal cair :)
hihihihi :)

kenapa niat beli oven lisrik?
karna aku tergiur sama betapa cepatnya proses memanggang. la kalo aku pake otang warisan mamak, manggang brownies bisa sampe 3jam. hiks...
rekorku manggang brownies adalah 4jam. geleng2 deh.
makanya semangat banget buat beli oven listrik :P

trus...
setelah beli oven idaman nih, mulailah aksi eksperimenku. percobaan pertama, bikin cake keju sederhana, lumayan berhasil.


CAKE KEJU SEDERHANA
resepnya :
3 kuning telur, kocok kental
3 putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt ovalet
60 gram gula
75 gram terigu
50 gram mentega dicairkan
20 gram butter
100gram keju untuk taburan

caranya
1. kocok putih telur, garam, ovalet sampai mengembang
2. masukkan gula sedikit-sedikit
3. masukkan kuning telur
4. masukkan terigu, mixer aku matikan, ganti pakai spatula
5. masukkan mentega cair
6. tuang ke cetakan muffin, jangan sampai penuh, kira2 7/8
7. oven selama 20 menit 190 derajat
8. tinggal dimakan deh :D

percobaan kedua.
KUE KERING KOPI SUSU.
bisa dibilang gagal total :D
kalo cake keju, bisa masuk dalam satu loyang, nah kuker kopi susu ini, kudu beberapa kali ganti loyang.
kupikir-pikir kalo cuma masuk 1 loyang, bakal boros listriknya tuh. la kalo 7 loyang, bisa 7x 25 menit dunk. borossss!!
jadilah aku maksimalkan tiga rak yang ada. cuma ya itu, bingung gimana memanage ketiga rak itu.
percobaan pertama, 3 loyang nggak aku pindah2kan. tetap diposisi awal. pake api atas bawah.
jadinya :
rak bawah, bagian bawah udah coklat, bagian atas masih putih pucat
rak tengah : masih pucat semua
rak atas : bagian atas hangus *toeeengggg*

jadilah bagian rak atas aku angkat. 2 rak sisanya aku tukar posisi. 10 menit pake api bawah. 10 menit pake api atas bawah.
hasilnya nggak lebih baik *halaaahhh*
yang rak bawah, kan aku pindah ke tengah, pake api atas. langsung gosong merata :D
yang rak tengah kan aku pindah bawah, lumayan lah, meski rada pucat bagian atasnya


si gosong merata :D


yang masih masuk batas toleransi :P

kesimpulannya, masih kudu kutak katik posisi nih, supaya bisa tau selanya :P

oia, ini resepnya. gampang kok
180 gram mentega/margarin
125 gram gula tepung
1 sdm kopi instan + 1 sdm air panas, larutkan
1 telur, kocok lepas
200 gram terigu protein rendah, aku pake protein sedang
30 gram maizena
30 gram susu
1/2 sdt baking powder
100 gram coklat, cincang kasar

Cara :
1. kocok mentega dan gula tepung, 1 menit
2. tambah larutan kopi
3. tambah telur
4. tambah terigu, maizena, susu, BP (aduk pake spatula)
5. masukkan coklat
6. bentuk bola2 dengan menggunakan sendok
7. panggang 25 menit 150derajat

dan...
percobaan ketiga..

STIK ROTI KEJU

250 gram terigu protein tinggi
25 gram keju parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt Baking Powder
1/2 sdt ragi instan
1/2 sdt gula pasir
150 ml susu cair
putih telur untuk olesan
25 gram keju untuk taburan

cara :
1. campur semua bahan kering, aduk rata
2. tuang susu sedikit2, uleni sampai kalis. diamkan 30 menit
3. kempiskan adonan,timbang masing2 20gram
4. pulung memanjang sekitar 20cm, letakkan diloyang
5. diamkan lagi 30 menit
6. oleh putih telur, taburi dengan keju parut
7. oven 16 menit, suhu 190 derajat.

kalo yang ini, karna jadinya cuma 2 loyang, aku taruhnya di rak bawah sama rak tengah. awalnya aku pake api bawah aja. nggak lupa aku ganti putar posisinya. setelah masing2 loyang dapet jatah di rak bawah, api aku jadikan atas bawah. dan aku putar ulang. hasilnya alhamdulillah lebih layak ketimbang yang kue kering :D

hasil googling pun menyebutkan supaya kita kudu mengenali oven kita. ada oven yang temperaturnya lebih tinggi, ada yang temperaturnya lebih rendah ketimbang seharusnya. dan kita kudu jeli.
ribet sih. cuma dibandingkan si otang yang sudah bulukan ini, oven ini bener2 menghemat waktuku :D

dan alhamdulillah semuanya disukai sang kritikus kecil :D
kuker yang gosong itu, dilahap abis sama dina *peluk2 mbak kecil

oia hampir lupa, alhamdulillah kemaren, paket hasil menang di giveawaynya um Tom sudah datang :)
kaya gini nih penampakannya.


cumaaa sampe sekarang belom dibuka, jadi belum bisa cerita gimana rasanya. nanti deh aku ceritain kalo udah dicobain. kayanya enak tuh. secara gratis dan oleh2 dari luar negri pulak *hihhii :P

ya suds, berhubung hari sabtu, aku mau lanjut tidur aahhhh...
semoga mbak kecil bangunnya ikutan siang. hahahaha :D

have a great fasting all ^^

7 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
alasan tepat dan sangat bermanfaat Bu hehehe simpan ntar saya praktekin

k[A]z mengatakan...

wah kue nya kelihatan pada enak

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

lama2 juga mahir buat kue, mbak. pelan2 aja....

Majalah Masjid Kita mengatakan...

ini pastinya nih.. semangat 45.. marathon buat kue.. kirim2 lah mbak ke tempat saya di istiqlal :p

Tarry KittyHolic mengatakan...

Emak saya kok malah seneng yg ga pake listrik ya? Harganya 80ribu xixixi ik ya? Harganya 80ribu xixixi

Melihat Dengan Hati mengatakan...

Mama Hapri..kapan2x boleh kursus masak gak nih?????

dunia kecil indi mengatakan...

ga apa2 ya, malesnya toh bermanfaat, hehehe.. semangat belajar ya, mbak. nanti kirim kue'nya ke rumahku, hihihihi :D