Our Journey to The Future

Our Journey to The Future

Sabtu, 20 Agustus 2011

Tumpeng Ngetril 61 - penuh makna


Semangat banget nih buat ikutan tantangan dari pakde kali ini :)
Semangat karna selama ini belum pernah sama sekali bikin tumpeng, dan belum pernah bikin dalam satu piring ditata semua nasi dan lauknya.
Soo bener-bener tertantang :P

Sore-sore setelah seharian nguplek didapur bikin kue kering, langsung putar haluan bikin tumpeng.
Berhubung lagi ga kepengen bikin nasi kuning, tapi nggak mau Cuma nasi putih, so bikinlah nasi gurih sebagai inti :)

Btw ini nih penampilannya :)


Minimalis sekali yaaa :P
Maklum, boyok sudah kepengen protol, so bikin yang simpel2 ajah:)
kebetulan karna nggak punya piring ukuran dewasa yang ceper, jadi terpaksa pake piring yang biasa buat lauk :P
*semoga gpp ya pakde:P
Menunya terdiri dari : Nasi Gurih, Ayam Bakar, Ayam goreng, Paru goreng, tahu bakar, sambel dabu-dabu, dan rebusan sayuran

oia, ini ada maknanya loh *ceileee*
jadi tumpengnya, bagian alas, bentuknya hati. artinya dibuat dengan cinta
bagian kedua bentuknya lingkaran artinya manjadi satu kesatuan
bagian atasnya lagi bentuk bunga, aertinya selalu ceria dan indah
diatasnya ada bentuk rumah. itulah rumah kami ^^
*hihihi lebay ga sih :p

Resep-resepnya berikut. Btw mohon maaf sebelumnya, soalnya kebanyakan pake ilmu kira-kira *heheheh*

Nasi Gurih
Bahan :
Beras (aku pakai 1,5 cup kecil. Maklum Cuma aku, suami, sama dina;p)
Santan (kemaren juga nggak ngukur, Cuma karna masaknya pake ricecooker, jadi disesuaikan dengan kebiasaan kalo masak nasi. Kira2 sampai beras terendam 1ruas jari)
2 daun salam
1 Daun pandan (aku gunting-gunting sekitar 3cm)
Garam secukupnya

Cara :
1. Cuci bersih beras
2. Masukkan santan, beri garam, lalu daun salam dan daun pandan dimasukkan. Aduk-aduk sebentar)
3. Masak



Ayam Bakar Kecap
Bahan
½ kilo ayam
1 jeruk nipis
2 mata asam jawa
1 sdt garam

Bumbu halus :
6 bawang merah
4 bawang putih
2 cabe
3 kemiri
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Kecap secukupnya
Daun salam
Minyak secukupnya

Cara membuat :
1. Balur ayam dengan air perasan jeruk nipis, air asam jawa dan garam. Diamkan 15 menit
2. Haluskan bumbu halus
3. Panaskan minyak, tumis bumbu dan daun salam. Lalu masukkan ayam dan kecap. Ungkep
4. Setelah bumbu meresap ke ayam, bakar ayam sekitar 30 menit hingga matang.

Ayam GorengBahan :

2 ayam
Bumbu ayam goreng secukupnya
Minyak goreng

Cara :
Balur ayam dengan bumbu pelapis ayam goreng, diamkan 15 menit. Lalu goreng hingga matang

Paru goreng
Bahan :
250 gram paru, rebus, potong-potong
Bumbu halus :
6 bawang merah
4 bawang putih
4 cabe merah
4 kemiri
1 ruas jari jahe
Daun salam
Sereh

Cara membuat :
Haluskan bumbu, lalu tumis hingga harum.
Masukkan paru yang sudah dipotong-potong. Ungkep.
Lalu goreng hingga matang

Sambal dabu-dabu


Bahan :
Timun ½ buah
1 Nanas ukuran kecil
1 tomat ukuran besar
Kemangi secukupnya
5 siung bawang merah
1 buah jeruk nipis
1 ½ sdt terasi
Lombok rawit sesuai selera. Kemarin aku pakai 3 lombok rawit
Minyak panas

Cara membuat :
1. Potong kecil-kecil semua bahan. Aku pake happy chooper dari Tupperware. sisihkan
2. Panaskan minyak
3. Uleg terasi dan rawit, lalu siram dengan minyak panas
4. campur semua bahan, lalu beri air jeruk nipis

untuk wortel dan sawi putih, hanya aku rebus aja. Karna semuanya sudah berbumbu, jadi pengennya buat sayurannya, rasa asli. Apalagi kalo pake wortel yang besar, rasanya sudah manis :)

hasilnya. Semua tandas dalam sekejap. Senangnyaaaa ^^


15 komentar:

Djangan Pakies mengatakan...

Sambel dabu itu rasanya gimana to Mbak, saya kok penasaran karena ada nanasnya segala.

makan tumbeng itu bisa-bisa boyok prothol karena kebanyakan makan hhhh

ria haya mengatakan...

wah...yummy tuch kayaknya
jadi pengin nyoba bikin sambel dabu-dabunya, kelihatannya seger

zone mengatakan...

enak ni...
bisa dicoba... :)

Lyliana Thia mengatakan...

Aih... Kalau dibuat dgn penuh cinta pasti rasanya maknyuss.. Hihihi...

Lengkap bgt Mbak resep ayamnya, mau coba ah..
Sukses kontesnya yah Mbak ^_^

HALAMAN PUTIH mengatakan...

lauknya komplit dan bentuk nasinya juga bagus variasinya

Pakde Cholik mengatakan...

Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
Akan langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

hilsya mengatakan...

Ta..minimalis itu lagi in sekarang.. :)
udah lama pengen paru goreng.. kayaknya enak tuh!

Lidya mengatakan...

jadi laper nih bun, aku baru mau posting nih semoga belum terlambat

Elsa mengatakan...

kereeeeen....
nasinya dibentuk macem macem...
pasti Mbak Dina semangat makanya tuh

Tarry KittyHolic mengatakan...

Sambel dabu2nya mirip lalapan ya bund, hehe
Keren bngt tumpengnya Sambel dabu2nya mirip lalapan ya bund, hehe
Keren bngt tumpengnya

niQue mengatakan...

mau nyobain sambel dabu2nya aaah ....
nasinya lucu ya, dicetak macem2
kreatif euy!

sukses kontesnya ya mba :)

ita mengatakan...

@um Ies : rasanya segar2 kecut pedas begitu :D
tapi cocok kok dengan nasi gurihnya.
tadinya aku kurang pede, karna termasuk yang nggak bisa padupadankan menu :D
hihihi, kalo aku protolnya bukan karna makan tumpengnya, tapi karna uplekan di dapur sejak pagi :P

@ria : ancen suweger tenan mbak. hihihi :P

@zone : ayooo buruan dicoba. gampang kok *maklum, newbie juga kalo urusan masak memasak:P

@mbak tia : betul!!
hehehe, padahal aku udah takut ajah kalo rasanya hambar. maklum, kan lagi puasa, jadi bumbunya cuma kira2 aja:)

@halamanputih : alhamdulillah. makasih ^^

@pakde : alhamdulillah sudah diterima. salam hangat juga pakde ^^

@mbak hilsya : hahahah bener mbak. kalo aku sih minimalis jadi pilihan utama. maklum, kagak bisa bereksperimen dengan tampilan yang macem2 :P
btw ayo berburu paru sapi :P
aku ya wes lama nggak makan paru, makanya begitu liat, langsung deh disambar. eh dibayar maksudnya :P

@mbak lid : waa tumpengnya mbak lid cakep deh. minder deh:P
*btw sesama penyuka pernak pernik bento nih:))

@Elsa : bener banget, dina semangat banget makannya :D
*nyengir lebarrr:D

@mbak tarry : betul. kaya lalapan sih, cuma kasih bumbu terasi aja.
btw bisa diganti sama minyak zaitun mbak. rasanya juga mantab :D

@mbak nike : ayo dicoba. seger kok :D
sukses juga ya mbak ^^

@ALL : THANKS FOR COMING YAA ^^

Orin mengatakan...

Sambal dabu2nya seger bgt keliatannya mba *ngiler*

Sukses ngetrilnya ya mba ;)

Nia mengatakan...

wah bentuk tumpengnya unik yachhh.....

beda dr yang lainnya...smoga sukses di kontes ngetrilnya Pakdhe...

TigerLily mengatakan...

Hadduuh itu tumpengnyaa... bikin laper malem2 gini hehehe
Pasti enak itu ya mbak?hehe *laper*


YURI
http://tigerlilysbook.blogspot.com